Ini beberapa teknologi canggih untuk para penyandang disabilitas

Sunday , 6, January 2019 Leave a comment

Untuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik atau hal lainnya biasanya disebut dengan penyandang disabilitas klik di sini. Untuk para penyandang disabilitas, memang ada beberapa kebutuhan khusus yang harus disediakan untuk mereka. Bahkan, ada banyak penyandang disabilitas yang merasa bahwa untuk memenuhi kebutuhan mereka adalah hal yang sulit karena tidak ada banyak alat yang bisa mereka gunakan.

Sebenarnya, beberapa waktu belakangan ini, ada banyak alat atau teknologi canggiih yang hadir untuk membantu para penyandang disabilitas agar bisa memudahkan segala kebutuhan dan ruang gerak mereka. Beberapa teknologi canggih yang ada adalah

– Braile smartphone
Teknologi ini dibuat oleh seorang pria asal India dan kemudian berkolaborasi dengan Indian Institue of Technology Delhi. Cara kerja dari alat ini adlaah menggunakan layar sentuh haptik dan terdiri dari rangkaian pin kecil canggih. Pin kecil ini mampu bergerak ke atas dan bawah untuk mengakomodasi teks dan gambar. Hal ini jelas akan memudahkan mereka para tuna netra yang merasa kesulitan untuk menggunakan ponsel. Dengan ponsel ini, seorang enyandang disabilitas dapat menyentuh atau mengenali wajah seseorang melalui video chat, sekaligus dapat mengenali ekspresi wajah lawan bicaranya. Bahkan, ponsel ini bisa digunakan untuk membaca peta dan bermain games.

– Eyeborg
Penemu alat ini memang mengidap achromatopsia atau sebuah kondisi buta warna total dan hanya dapat melihat warna putih, abu-abu, dan hitam. Alat ini sebagai mata pengganti yang mampu mengidentifikasi warna melalui suara. Alat ini dipasang di kepala kemudian dapat menrjemahkan panjang gelombang warna yang berbeda menjadi sebuah suara yang dikirimkan k etelinga melalui konduksi tulang.

– Kenguru Electric Car
Sebuah perusahaan otomotif menawarkan kendaraan yang bisa menjadi solusi bagi para enyandang disabilitas. Mobil ini didesain khusus, agar para penyandang disabilitas tidak perlu pindah dari kursi roda mereka karena mobil ini telah mendukung segala aksesnya. Mobil ini juga termasuk jenis mobil listrik dan dapat bertahan hingga 8 jam dan mampu melaju dengan kecepaatan maksimal 25km/jam.

Please give us your valuable comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *